Hidup Sehat Pasca Operasi Kanker Payudara

Kanker Payudara, Fisioterapi, Pelatihan


Pengalaman operasi kanker payudara bisa menjadi pengalaman yang cukup traumatis bagi seseorang. Namun, demi mendapatkan kembali tubuh yang sehat dan bebas kanker, operasi memang sangat diperlukan. Untuk bisa tetap menjaga kesehatan tubuh pasca operasi kanker payudara, kita harus menjaga pola hidup yang sehat. Dengan pola hidup yang baik, seseorang bahkan bisa berumur panjang pasca operasi payudara. Sebaliknya, jika pola makan tidak seimbang dan kurangnya olahraga menjadi kebiasaan setelah operasi kanker payudara, bisa saja sel kanker yang dulu ada kini muncul kembali. Berikut beberapa tips untuk hidup sehat setelah operasi kanker payudara.

Pertama, kita harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Setelah operasi, dokter akan menyarankan kita untuk fokus melindungi luka atau sayatan bekas operasi. Jadi, kita tidak bisa langsung melakukan olahraga atau aktivitas fisik beberapa hari setelah operasi. Pastikan dokter telah memberi ijin sebelum kita mulai berolahraga. Selain itu, kita mungkin perlu menggunakan jasa terapis fisik yang sudah tahu benar mengenai kanker payudara. Terapis fisik yang profesional akan membantu kita melakukan olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi kita pasca operasi. Agar kita bisa rutin berolahraga, usahakan untuk memilih jenis olahraga yang paling kita sukai. Mengingat operasi kanker payudara merupakan jenis operasi besar, pilihan olahraga haruslah jenis olahraga yang aman apalagi di beberapa hari pertama usai operasi.

Kedua, kita mulai melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu. Salah satu jenis olahraga yang paling ringan adalah jalan cepat. Pilihan olahraga yang tidak meletakkan berat badan pada lengan adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan pasca operasi kanker payudara seperti yoga ringan dan taichi. Jika dokter sudah memperbolehkan untuk melakukan olahraga yang lebih berat, anda bisa mulai olahraga bersepeda, lari, berenang, atau hiking. Salah satu terpenting untuk tetap kembali fit usai opersi adalah melakukan olahraga dengan teratur. Berolahraga secara teratur bisa memperkecil risiko sel kanker untuk muncul kembali. Anda bahkan bisa menikmati aerobik yang energik setelah yakin dokter mengijinkan anda untuk berolahraga yang lebih berat lagi.

Ketiga, hidup aktif dan selalu menjaga kestabilan emosi. Sangat disarankan untuk bisa melakukan olahraga setidaknya setengah jam setiap hari untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu, kita tak akan pernah bisa memastikan apakah sel kanker tersebut bisa tumbuh lagi atau tidak. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas hidup. Melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk orang lain dan selalu berpikiran positif akan menjadi semangat kita dapat hidup lebih baik. Selain itu, kita juga perlu mengurangi makanan yang tidak sehat seperti makanan instan, makanan berpengawet, dan makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin.