Masih Ada Secercah Harapan Bagi Pasien Kanker Tulang

Jenis Kanker Tulang,Pengobatan Kanker Tulang , Terapi Minimal Invasif,St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

  Ada banyak jenis-jenis  yang berbeda dari kanker tulang. Kanker tulang yang paling umum termasuk osteosarcoma, Ewing's sarcoma, chondrosarcoma, malignant fibrous histiocytoma, fibrosarcoma, dan chordoma. Pengidap kanker tulang biasanya tidak menyadari gejala-gejalanya.karena itu dibutuhkan pemeriksaan kesehatan sbb:

  1. BONE SCANNING : melihat kondisi tulang secara menyeluruh,

  2. (CT SCAN): Pemeriksaan ini baik untuk melihat lesi pada bagian sentral tulang, dapat melihat kerusakan kotreks serta klasifikasi jaringan lunak, perluasan tumor, dan keterlibatan sistem neurovaskular.

  3. ANGIOGRAFI: Angiografi merupakan pemeriksaan yang jarang dilakukan pada kasus tumor tulang.

  4. USG: Kegunaannya untuk membedakan jenis tumor kistik atau solid, tumor bersifat hipervaskular atau tumor bersifat sebagai AVM dengan menggunakan colour Doppler.

  5. MRI: untuk evaluasi tumor jaringan lunak dan tulang oleh karena dapat melihat lesi tumor dalam potongan multiplanar, sagital, aksial, dan koronal, tidak ada radiasi

  6. PEMERIKSAAN RADIOLOGIK

  7. PEMERIKSAAN PATOLOGI / BIOPSI JARINGAN: Jaringan biopsi sangat penting untuk menegakkan diagnosis histologik yang pasti, sebelum menentukan pengobatan yang akan diberikan. Tindakan biopsi ini disamping dilakukan untuk lesi tulang yang mencurigakan. Jenis-jenis tumor terlihat sama dari segi klinis. Namun, yang membuat berbeda ialah jenis sel tumor-tumornya yang telah dilihat di mikroskopik, cara penyebarannya, tingkat keganasanya, serta besar kecil odema (benjolan) yang terjadi

  Ada tujuh jenis kanker tulang yang paling umum terjadi pada manusia, yaitu :

  1.    Gejala Kanker Tulang Osteosarcoma

  Osteosarcoma adalah jenis yang sangat umum dari kanker tulang. Kanker tulang jenis osteosarcoma sering terjadi pada anak-anak remaja dan orang dewasa terutama anak laki-laki. Jenis kanker tulang osteosarcoma berkembang pada ujung tulang panjang daerah pertumbuhan tulang yang aktif, sekitar lutut, tulang paha, tulang kering, tulang lengan atas.

  Gejala;Nyeri dan sakit dari waktu ke waktu dan sering terjadi pada malam hari. Pembengkakan dan benjolan yang terjadi pada kanker tulang bagian panggul. Gerakan berkurang pada sendi yang kaku yang tidak dapat di gerakkan dan dapat mengakibatkan pincang,Kelelahan,Suhu tinggi atau demam,Penurunan berat badan,Keringat malam,Sesak nafas,Gejala Kanker Tulang Chondrosarcoma

  Chondrosarcoma adalah jenis kanker tulang kedua yang sering sekali di temukan. Sel-sel ini mucul pada tulang rawan antara tulang pinggul dan panggul, dan terjadi pada orang tua berusia 40 tahun. Gejala kanker jenis chondrosarcoma sangat lama sekali, sekitar 1 dan 2 bulan.

  Gejala; Nyeri localised, yang terjadi bisa sewaktu-waktu dan menjadi buruk pada malam hari atau selama melakukan aktivitas fisik,pembengkakan lokal di daerah yang menyakitkan,badan lemas,di bagian sendi dekat dengan tulang,rasa sakit dan mati rasa,kesemutan,kejang otot,kelemahan otot,akibat cidera ringan dengan kondisi tulang retak,berjalan pincang,kesulitan menggerakkan anggota badan yang terkena sel kanker,perubahan buang air kecil dimana sel kanker ini tumbuh di bagian pinggul.

  2.    Gejala Kanker Tulang Sarkoma Ewing

  Sarkoma Ewing adalah bentuk agresif dari kanker tulang yang paling sering terjadi dan menyerang anak-anak usia 4 sampai 15 tahun. Dan jenis kanker ini sering menyerang anak laki-laki di bandingkan anak perempuan. Bagian tubuh yang sering sekali terjadi yaitu pada bagian tengah tulang panjang, lengan dan kaki.

  Gejala : Rasa nyeri pada daerah yang di serang oleh tumor yang tidak akan hilang,dan ini terjadi karena banyaknya beraktivitas dan lebih buruk terjadi pada malam hari ketika otot-otot sedang berisitirahat,pembengkakan di daerah yang terserang tumor pada tulang, gerakan berkurang karena pada bagian sendi dan kaki, sehingga menjadi pincang,menyebabkan mati rasa,kesemutan pada tungkai,mudah letih lemah,pernah mengalami patah tulang saat kecelakaan, suhu tinggi dan berkeringat,penurunan berat badan,sesak nafas karena kanker jenis ini, menyebar ke paru-paru.

  3.    Gejala Kanker Tulang Sarkoma pleomorfik (malignant fibrous histiocytoma)

  Sarkoma pleomorfik adalah jenis tumor yang di sebut dengan histiocytoma yang berserat sangat ganas. Jenis kanker ini biasanya terjadi orang dewasa dan menyebar di mana dalam tubuh. Malignant fibrous histiocytoma merupakan kanker yang berkembang di dalam tulang dan jaringan lunak yang menghubungkan dengan organ lainnya. kanker jenis ini menyebar ke paru-paru dan kelenjar getah bening.

  Gejala : Pembengkakan pada bagian atas tukang dan tulang bagian tubuh.Nyeri pada tulang atau sendi yang di sebabkan oleh saraf atu otot terkompresi. Lemas dan kesulitan menggunakan kaki, lengan atau tangan. Demam dan berkeringat di malam hari. Berat badan turun. Gula darah rendah. Kesulitan bernafas.

  4.    Gejala Kanker Tulang Fibrosarcoma

  Fibrosarcoma adalah jenis kanker tulang yang umum sekali sering menyerang manusia terutama pada pria usia 30 sampai 40 tahun jaringan lunak. jaringan lunak meliputi lemak, otot, tendon, urat, jaringan sendi, pembuluh darah, dan jaringan fibrosa lainnya. Dan kanker ini sering berpindah ke tulang kaki, lengan, hingga tulang rahang. Kanker ini menyerang tulang panjang seperti femur, tibia, dan rahang bawah.

  Fibrosarcomas merupakan gabungan antara fibrosarcomas tulang dan jaringan lunak yang berkembang dan mengakibatkan efek dari radiasi. Efek samping ini bisa meningkatkan penyakit tulang lainnya seperti penyakit paget dan osteomyelitis.

  Gejala;Gejala ini sama dengan gejala kanker jenis lainnya, contohnya saja seperti : Rasa sakit, Pembengkakan pada bagian yang terkena kanker, Benjolan di bagian bawah kulit atau tulang . Patah tulang akibat kecelakaan kecil. Menghambat gerak normal sehingga saat bergerak rasa nyeri menyerang, terjadi nya gejala neurologis. Pendarahan gastrointestinal dimana jaringan ini berada pada jaringan lunak fibrosarcoma perut .Sering buang air kecil. Penyumbatan pada kandung kemih.

  5.    Gejala Kanker Tulang Giant cell tumor

  Kanker giant cell tumor merupakan kanker ganas dengan ukuran yang sangat besar yang sangat sering terjadi pada tulang lengan dan kaki, dan pertumbuhannya bisa mencapai 10%. Kanker ini sangat jarang sekali terjadi, dan biasanya terjadi pada ujung tulang panjang, kaki dan lengan dekat dengan sendi tulang lain. Jika tumor ini menjadi ganas, mereka akan menyerang sampai ke paru-paru dan struktur tubuh lainnya.Gejala kanker ini sama dengan jenis gejala kanker lainnya, hanya saja perbedaanya kanker giant ini memiliki pertumbuhan yang sangat besar dan menjadi agresif. Jika kanker jenis ini berkembang sangat lama kemungkinan terjadinya pembengkakan menjadi sangat besar. Gejala Lengkapnya adalah : Terasa nyeri otot, lengan dan kaki saat beraktifitas di karenakan tumor ini sangat dekat dengan bagian sendi.Terkadang nyeri perut dan nyeri saraf juga sering terjadi dan terasa seperti terkena sengatan listrik. Bengkak di tempat yang terkena tumor. Patah tulang akibat kecelakaan bisa juga menjadi gejala kanker jenis ini.Tumor ini kebanyakan terjadi pada orang dewasa berusia 20-40 tahun.

  6.    Gejala Kanker Tulang Chordoma

  Chordoma adalah jenis kanker tulang primer yang biasanya berkembang di dalam tengkorak dan tulang belakang, tulang ekor, dan dasar tengkorak. Tumor ini tumbuh sangat lambat dan berpusat pada sistem saraf.Gejala; Sakit pinggang,Mati rasa, Sakit kepala,Masalah penglihatan ganda, Nyeri pada wajah, Gangguan pada pendengaran, Kesulitan menelan.

  Chordomas paling sering menyerang manusia pada usia 40 dan 70.Dari berbagai gejala jenis kanker diatas, gejala-gejala tersebut hampir sama dengan gejala kanker darah yang sering terjadi pada manusia. Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi di Indonesia, mencegah dan mengenali sejak dini gejala kanker tulang lebih lanjut sangat baik dan bermanfaat. Mungkin dapat memberikan secercah harapan. Berikut pengobatan-pengobatan kanker tulang bagi pasien yang ingin menghindari operasi

Jenis Kanker Tulang,Pengobatan Kanker Tulang , Terapi Minimal Invasif,St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou

  St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou para Ahli Onkologi Tim  MDT mengkombinasikan  pengobatan Medicine Cina dan Medis Barat . Masih Banyak pilihan alternatif pengobatan yang lebih ringan seperti;Terapi Penanaman Partikel , Cryosurgery , Ablasi Radio Frekuensi  , Photodynamic dan menggunakan 12 macam metode pengobatan Minimal Invasive lainnya.

  1. Partikel 125I merupakan semacam nuklida sinar Gamma berenergi, dapat memancarkan sinar γ dalam jarak dekat dan terus-menerus membunuh sel tumor,bekerja sebagai partikel kecil radioterapi intern terhadap tumor,mencapai hasil yang sama seperti operasi pengangkatan tumor,oleh karena itu partikel sinar Gamma ini disebut juga pisau partikel.

  Keunggulan Partikel 125I adalah efektif memancarkan sinarγterpusat di dalam tumor terbungkus didalam partikel,tanpa merusak jaringan-jaringan normal .Pemancaran sinar kontiniu berlangsung hingga 180 hari,efektif membunuh sel tumor berkesinambungan.

  2.Terapi Intervensi yaitu; Intercurrent melalui pembuluh darah pengobatan dilakukan di bawah panduan DSA, kemudian menyalurkan obat anti-kanker ke berbagai posisi dan berbagai jenis kanker, serta melakukan penyumbatan terhadap pembuluh darah yang berfungi sebagai pasokan nutrisi ke kanker. Keefektifan dan konsentrasi obat dengan intercurrent lokal lebih tinggi 2-8 kali lipat dibandingkan dengan cara infus melalui pembuluh darah vena. Terapi emboli atau penyumbatan adalah bertujuan menyumbat pembuluh darah yang memasok nutrisi ke kanker, dengan terputusnya pasokan nutrisi ke kanker, sehingga membuat kanker “mati kelaparan”, sedangkan obat yang telah dimasukkan terbungkus di dalam kanker dan terus bekerja membunuh sel kanker.