Apakah Kanker Bisa Menular?

Pengertian Kanker,Faktor Virus Penyebab Kanker,Vaksin,Pengobatan Minimal Invasif dan Immunoterapi

  Apakah kanker termasuk penyakit menular, sebelum kita jawab pertanyaan tersebut sebaiknya kita sekilas balik, memahami pengertian daripada kanker.

     Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel-sel abnormal yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal), menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan melalui reseptor ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi peredaran darah atau sistem limfatik(sistem kekebalan tubuh)

  Proses Sel normal menjadi sel-sel kanker karena akibat kerusakan DNA. Dalam sel normal, ketika DNA rusak maka otomatis pembelahan sel baru untuk perbaikan kerusakan tetapi sel normal yang  mati. Namun sebaliknya dalam sel-sel kanker, DNA yang rusak tidak diperbaiki, dan sel tersebut tidak mati seperti seharusnya. Sebaliknya, sel ini terus-menerus pembelahan sel-sel baru yang tidak terkendali meskipun tidak diperlukan tubuh. Sel-sel kanker ini semuanya  memiliki DNA yang rusak.

  Apakah Penyakit Kanker Menular?

  Pada dasarnya kanker adalah penyakit yang tidak dapat menular.

  Bagaimana bila Survivor kanker payudara dan dalam keadaan kondisi mengandung atau hamil ? sebenarnya kehamilan hal ini penyebabkan keadaan kondisi tubuh dalam sistem hormonal yang berubah-ubah tidak stabil karena sebagian besar pengaruh reseptor ekstrogen positif dan lemahnya sistem kekebalan tubuh disaat kehamilan,memiliki faktor resiko besar dalam perkembangan sel-sel kanker. Dan sudah jelas juga akan mempengaruhi ke janin untuk kedepannya.

  Mengingat adanya beberapa factor kemungkinan penyebab kanker adalah;

  1. genetika (garis keturunan) 2. pola hidup,makanan 3. karsinogen 4. zat kimia,polusi,paparan sinar radiasi UV

  Kanker tidak dapat ditularkan akan tetapi virus pembawa sebagai salah satu factor penyebab kanker, virus yang menular dan berakumulasi lama- kelamaan sebagai penyebab kanker sebagai contoh;

  1) kanker serviks dapat di sebabkan oleh HPV(human papilloma virus invection 18 dan 16 )dapat ditularkan melalui hubungan intim.

  Pencegahannya dapat diberikan dengan vaksin untuk pencegahan menularan virus HPV yang dapat di berikan pada usia10-50 tahun (sejak usia produktif).

  2) virus penyebab kanker hati yaitu virus hepatitis B juga dapat di tularkan melalui ludah pada makanan maupun ciuman dan urine. Dapat dicegah dengan vaksinasi.

  2) Virus Tuberkulosis (TBC) sebagai salah satu factor penyebab kanker paru.Dapat dicegah dengan pemberian vaksin.

  Sel kanker berbeda dengan sel normal , kedua sel tersebut memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan sel-sel normal dalam tubuh sebagai berikut;

  Sel Kanker tidak mengalami apoptosis atau program kematian sel. Apoptosis sangat berguna untuk tubuh kita karena untuk mengatur jumlah sel yang dibutuhkan dalam tubuh. Bila telah melewati masa hidupnya, sel-sel normal  akan mati dengan sendirinya tanpa ada efek peradangan (inflamasi). Sel kanker berbeda dengan karakteristik tersebut.

  Sel kanker tidak mengenal komunikasi ekstra seluler atau asosial. Komunikasi ekstra seluler diperlukan untuk menjalin koordinasi antar sel sehingga mereka dapat saling menunjang fungsi masing-masing. Dengan sifatnya yang asosial, sel kanker bertindak semaunya sendiri tanpa peduli apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

  Sel kanker mampu menyerang jaringan lain (invasif), merusak jaringan tersebut dan tumbuh subur di atas jaringan lain.

  Untuk mencukupi kebutuhan pangan dirinya sendiri, sel kanker mampu membentuk pembuluh darah baru (neoangiogenesis) meski itu tentunya dapat mengganggu kestabilan jaringan tempat ia tumbuh.

  Sel kanker memiliki kemampuan dalam memperbanyak dirinya sendiri (proliferasi) meski seharusnya ia sudah tak dibutuhkan dan jumlahnya sudah melebihi kebutuhan yang seharusnya.

  Kanker juga diklasifikasikan menurut jenis organ atau sel terjadinya kanker. Sebagai berikut;

  Karsinoma adalah kanker yang dimulai di kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ-organ tubuh. Sebagai contoh, karsinoma dapat timbul di payudara, usus besar, paru-paru, hati, prostat, dan perut,Leukemia,Limfoma dan Mieloma kanker yang terjadi pada jaringan darah,Melanoma timbul dari melanosit,Mesotelioma pada pleura atau perikardium

  Kanker berkembang melalui serangkaian proses yang disebut karsinogenesis. Jadi kanker tidak serta-merta muncul begitu saja dalam tubuh. Melainkan melalui proses akumulasi yang cukup panjang dan lama bertahun-tahun.

  Di St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menerapkan gabungan pengobatan Barat(Medis) dan Timur(Herbal Cina ) melawan kanker dan 18 Methode Terapi lainnya untuk memaksimalkan keunggulan masing-masing untuk saling melengkapi, dan juga Metode Minimal Invasif lain misalkan; Pengembangan Kombinasi Sel Imun Bertarget, Intervensi, Terapi Gen Bertarget, Terapi Immunoterapi,Terapi Penanaman Partikel beberapa Penggabungan pengobatan ini meningkatkan efektifitasnya dan hasilnya lebih maksimal dibandingkan pengobatan tunggal saja. Terapi Minimal Invasif merupakan teknologi yang stabil, tepat dan terfokus pada local kanker bermanfaat untuk membunuh kanker , selain itu juga dibantu dengan herbal cina untuk mengurangi kerusakan pada tubuh yang timbul karena efek samping pengobatan, dalam waktu yang bersamaan, menggabungkan pengobatan Timur untuk menjaga keseimbangan kekebalan tubuh secara menyeluruh dan membantu mengatasi kanker, serta meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan fisik . Gabungan pengobatan Timur dan Barat secaras medis mengobati kanker lebih efektif dan lebih mudah.