Perbedaan Pemahaman Mengenai Tumor dan Kanker

Tumor,Kanker, Terapi Minimal Invasif

  Sering kita mendengar istilah kanker dan tumor tetapi hanya sedikit orang saja yang benar-benar memahami apa perbedaan tumor dan kanker itu. Dokter Sehat akan mencoba membantu memberikan sedikit penjelasan masalah ini untuk mencegah kesalah pahaman dan kesalahan dalam penggunaan kata tumor & kanker.Seperti yang dikutip pada DokterSehat.com

  1)Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan jaringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor).

  tumor ganas ini sering juga disebut dengan sel bersifat Kanker. Tetapi kemungkinan tumor jinak menjadi ganas bisa saja tapi sangat jarang terjadi, biasanya pada Tumor yang sudah terlalu lama dan besar. Misalnya Fam (Fibroadenoma mamma), tumor jinak payudara bila dibiarkan bertahun-tahun ada yang berubah jadi ganas, ini dikenal sebagai Progressi, persentase kemungkinannya kira-kira hanya 0,5%-1% saja.

  2)Ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi di dalam DNA-nya. Ini berarti prevalensi terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu adalah tumor yang ganas.

  Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

  3)Kanker sebenarnya adalah penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel-sel yang tidak terkendali/terkontrol dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin terjadi untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan berbagai faktor salah satunya kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

  Hal ini sangat berbeda dengan benign tumor (tumor jinak) yang tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastasis, tapi secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Di St.Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menerapkan gabungan pengobatan Barat(Medis) dan Timur(Herbal Cina ) melawan kanker dan 18 Methode Terapi lainnya untuk memaksimalkan keunggulan masing-masing untuk saling melengkapi, dan juga Metode Minimal Invasif lain misalkan Pengembangan Kombinasi Sel Imun Bertarget,Intervensi,Terapi Gen Bertarget, Terapi Immunoterapi, khasiat Penggabungan pengobatannya efektifitasnya lebih  maksimal dibandingkan pengobatan tunggal saja. Terapi Minimal Invasif merupakan teknologi yang stabil, tepat dan terarah untuk  membunuh kanker, juga dibantu dengan herbal cina untuk  mengurangi kerusakan pada tubuh yang timbul karena efek samping pengobatan, dalam waktu yang bersamaan, menggabungkan pengobatan Timur untuk menjaga keseimbangan secara menyeluruh dan membantu mengatasi kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan fisik. Gabungan pengobatan Timur dan Barat mengobati kanker lebih efektif dan lebih mudah.