Cara Mengobati Kanker Otak dengan Terapi Radiasi

      Cara Mengobati Kanker Otak dengan Terapi Radiasi

  Kanker otak di definisikan sebagai pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam otak. Beberapa tumor otak adalah kanker otak. Sel tumor tercipta dari pembelahan sel yang tidak normal dan tidak terkendali. Bagian otak terutama bagian otak besar yang di tumbuhi tumor akan membesar akan meyebabkan meningkatnya tekanan pada rongga kranial (yang semua bagian berupa tulang), dari tekanan itu akan mengakibatkan gejala sakit kepala,penglihatan menjadi kabur, muntah atau merasa mual, kram, kesemutan, dan lain-lain

  Dalam mengobati kanker otak terdapat beberapa cara, dan setiap cara dalam metode pengobatan di lakukan sesuai dengan tingkat keparahan kanker otak.

  Operasi Kanker Otak

  Tindaan medis yang sering dilakukan dan di anjurkan adalah tindakan operasi yang bertujuan untuk membersihkan atau mengangkat sel kanker sebanyak mungkin, dengan cara pembersihan total dari sel kanker diharapkan mendapatkan hasil yang baik

  Beberapa study penelitian saat ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dalam melakukan tindakan operasi pengangkatan tumor, seperti dengan menggunakan asam 5-aminolevulinic yang menyebabkan sel tumor tersebut berpendar dan hilang. Radioterapi dan kemoterapi merupakan standar terapi untuk tumor ganas. Radioterapi dapat diberikan pada pasien yang mengidap tumor ringan dan di gunakan untuk menguragi tumor secara signifikan pada bagian yang tidak bisa di capai melalui pembedahan. Biasanya setiap orang yang menjalani operasi pembedahan otak mungkin akan menderita epilepsi atau gangguan memory. Dan obat yang di resepkan oleh dokter bisa mengurangi dampak dari operasi

  Terapi Radiasi Kanker Otak

  Tujuan dilakukan terapi radiasi adalah untuk membunuh sel tumor dan membiarkan sel otak yang normal. Dalam standar terapi radiasi sinar eksternal, jumlah perawatan dosis standar yang di terapkan ke kenker otak di ulangi sebanyak total antara 10 sampai 30 kali perawatan, tergantung pada jenis tumor. Pengobtan tambahan ini memberikan kelangsungan hidup pasien lebih lama.

  Radiosurgery adalah metode pengobatan yang menggunakan perhitungan yang terkomputerisasi untuk memfukuskan radiasi di lokasi tumor dan meminimalkan dosis radiasi ke sekitar otak yang normal. Radiosurgery mungkin tambahan untuk pengobatan lain, atau mungkin mewakili teknik pengobatan utama untuk beberapa jens tumor.

  Radioterapi adalah pengobatan yang paling umum untuk kasus tumor sekunder. Jumlah radioterapi yang diberikan tergantung pada ukuran area otak yang terkena kanker. 'whole brain radiotherapy treatment' (WBRT) atau pengobatan radioterapi seluruh otak akan di sarankan jika ada resiko bahwa tumor sekunder lainnya akan berkembang di masa depan. Raidiotherapy streotactic biasanya dianjurkan dalam kasus yang melibatkan kurang dari tiga tumor otak sekunder kecil

  Proton therapy Kanker Otak

  Terapi proton memberikan dosis radiasi yag tinggi langsung kepada titik area tumor berada, tanpa merusak jaringan otak yang sehat di dekatnya, untuk beberapa pasien, terapi ini menghasilkan pengendali kanker yang baik dengan efek samping yang kebih sedikit.

  Metode terapi seperti ini dapat digunakanuntuk mengobti tumor di daerah yag sangat sensitif, termasuk dsar tengkorak dan tumor tulang belakang.

  Kemoterapi Kanker Otak

  Kemoterapi adalah pengobatan menggunakan zat kimia untuk menghenikan atau membunuh sel kanker. Tujuan menggunakan metode terapi ini adalh untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Namun metode kemoterapi ini dapat menghambat sel-sel normail tertentu seperti sel rambut, sel darah putih, sel darah merah dan mungkin sel-sel lainya.

  Efek samping dari kemoterapi adalah kerontokan rambut, mual, muntah, menurunnya sel darah merah dan sel darah putih. Namun efek samping itu akan hilang setelah 4 sampai 8 minggu melakukan pengobatan kmoterapi.

  Di atas adalah beberapa cara dalam mengobati kanker otak. Namun yang terpenting adalah menjaga agar tubuh kita selalu sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak dan olahraga secara teratur. Karena mengobati jauh lebih mahal dibandingkan merawat agar lebih sehat.