Metode Pengobatan Kanker Lambung, Kombinasi Pengobatan Medis

  Kanker lambung merupakan tumor ganas yang menduduki urutan pertama di China, bahkan ada perbedaan angka yang menonjol di setiap daerah. Di China bagian barat utara dan pesisir laut timur memiliki angka kanker lambung yang lebih tinggi dibandingkan dengan China bagian selatan. Umumnya terjadi di kalangan usia 50 tahun ke atas, perbandingan jumlah kasus pada pria dan wanita yaitu 2:1.

Kanker lambung, Modern Cancer Hospital Guangzhou, metode pengobatan kanker lambung, Intervensi, Cryosurgery, Imunoterapi  

       Penyebab Kanker Lambung

  1. Pola Makan dan Pola Hidup

  Mengkonsumsi makanan yang diasinkan dan dibakar dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Menurut penelitian, kandungan nitrit, PAH dan bahan karsinogen lai yang terdapat pada makanan berkaitan erat dengan kanker lambung. Risiko kanker lambung pada perokok 1,5 kali lebih tinggi dari mereka yang tidak merokok.

  2. Infeksi Helicobacter Pylori

  Karena bakteri helicobacter pylori dapat menyebabkan konversi nitrat menjadi nitrit dan nitrosamine, sehingga dapat mengakibatkan kanker. infeksi Helicobacter pylori dapat menyebabkan peradangan kronis dan proliferasi sel epitel lambung, menyebabkan distorsi menjadi kanker.

  3. Keturunan

  Keturunan pasien kanker lambung memiliki risiko kanker lambung 4 kali lebih tinggi dibandingkan orang biasa.

  Metode Pengobatan Kanker Lambung

  Kanker lambung yang terdiagnosa dan diobati sejak dini memiliki peluang kesembuhan yang besar. Metode pengobatan yang berbeda memiliki hasil pengobatan yang berbeda.

  Metode pengobatan konvensional antara lain operasi, kemoterapi dan sebagainya, tetapi karena risikonya yang tinggi dan efek kerusakan yang sangat besar, membuat pasien perlu mempertimbangkannya dengan serius. Sedangkan perkembangan teknologi minimal invasif kini dapat mengurangi efek samping dari pengobatan konvensional secara efektif, metode ini dapat diterima oleh banyak pasien.

  1. Intervensi

  Intervensi merupakan metode minimal invasif yang dilakukan di bawah panduan alat pencitraan medis, hanya memerlukan luka sayatan sebesar 1-2mm, sejenis alat kateter akan dimasukkan ke permukaan kulit dengan panduan alat CT, melakukan pendiagnosaan atau mengambil jaringan lain di waktu yang berbeda, serta dan melakukan pengobatan lokal. Kelebihan metode ini antara lain tanpa operasi, minim luka, penyembuhan cepat dan hasil yang maksimal. Penggunaan metode tersebut dalam sangat luas, baik dalam pendiagnosaan ataupun pengobatan tumor.

  2. Cryosurgery

  Cryosurgery mengobati tumor dengan “suhu dingin + suhuh panas”, merupakan teknik ablasi yang sangat penting dalam pengobatan. Ketika gas argon dilepaskan dengan cepat dari ujung jarum, dalam waktu 10 detik dapat membekukan lesi tumor (-120°C hingga -180°C) dan membentuk bola es. Di dalam bola es, jaringan tumor akan "kelaparan", kekurangan darah dan oksigen. Lalu, suhu -180°C dapat menyebabkan koagulasi nekrosis. Sedangkan ketika gas helium dilepaskan, dengan cepat suhu akan naik menjadi 20°C-40°C, bola es akan mencair atau meledak, sehingga jaringan tumor di dalam menjadi hancur. Kecepatan pergantian suhu, waktu, dan ukuran bola es dapat diatur dan dikendalikan.

  3. Imunoterapi

  Imunoterapi merupakan sebuah metode pengobatan biologis untuk tumor, yaitu metode yang memasukkan sel imun dari tubuh pasien sendiri yang telah dikembangbiangkan dan mengandung sel imun anti-kanker, membunuh tumor secara langsung atau merangsang respon sel imun tubuh untuk melawan kanker.

  Selain itu, pengobatan tradisional china juga dapat membantu dan mendukung pengobatan. Penggunaan metode dapat disesuaikan dengan kondisi fisik pasien.

  Metode pengobatan kanker lambung sangat banyak, tetapi pola makan dan pola hidup juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Tidak hanya pasien, orang sehat pun juga perlu memperhatikan pola makan dan pola hidup, dengan begitu kita dapat mencegah kanker.