Bagaimana Cara Pasien Kanker Melakukan Perlindungan Diri selama Pandemi?
Bagaimana Cara Pasien Kanker Melakukan Perlindungan Diri selama Pandemi?

Mayoritas pasien kanker berusia lebih tua, kondisi fisik lebih buruk, fungsi kekebalan tubuh secara umum lebih lemah dan sangat mudah terinfeksi virus. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari dan saat mengunjungi dokter, pasien kanker harus melakukan perlindungan diri.

 Perlindungan Umum
Rajin cuci tangan: segera cuci tangan dengan menggunakan sabun, cairan sabun yang mengandung alkohol dan air, termasuk sebelum, saat dan setelah menyiapkan makanan; setelah batuk atau bersin; saat merawat pasien; sebelum dan sesudah makan; saat tangan kotor; setelah menangani hewan atau kotoran hewan.

Perlindungan Aktif
Saat Anda batuk atau bersin, sebaiknya tutupi mulut dan hidung Anda sepenuhnya dengan menggunakan tisu, lengan baju, atau lipatan siku lalu segera buang tisu bekas Anda ke dalam tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan. Usahakan untuk menghindari pergi ke tempat umum yang ramai dan pastikan untuk memakai masker untuk mengurangi risiko terpapar patogen. Hindari kontak dekat dengan pasien tanpa perlindungan, hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung mereka. Perhatikan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah dan tempat kerja dengan membuka jendela dan menjaga kebersihan lingkungan.   

Hindari Kontak Dekat
Usahakan menghindari kontak dekat dengan hewan ternak atau liar tanpa pelindung; hindari kontak dengan hewan sakit atau daging busuk; hindari kontak dengan hewan terlantar dan air limbah yang ada di pasar.

Pastikan Nutrisi dan Istirahat
Pastikan nutrisi yang cukup dengan asupan makanan tinggi protein setiap hari; menambah konsumsi buah dan sayur segar untuk mencapai keseimbangan makanan; minum cukup banyak air, tidak kurang dari 2000ml setiap hari; bekerja dan istirahat teratur serta pastikan durasi tidur yang cukup; perkuat latihan fisik sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. 

Jika pasien kanker perlu berobat ke rumah sakit, harus melakukan beberapa perlindungan di bawah ini:
1. Jaga kehangatan tubuh, saat keluar harus menggunakan masker N95 atau masker bedah. 
2. Hindari naik transportasi umum dan menjaga ventilasi udara pada mobil pribadi.
3. Kecuali saat pemeriksaan dan pengobatan, jaga jarak 1 meter dengan orang asing dan perhatikan kebersihan tangan. 
4. Rumah sakit adalah tempat umum, juga merupakan tempat yang mudah menyebarkan virus. Pada saat pandemi, setiap rumah sakit memiliki tindakan pencegahan dan pengendalian yang ketat, mohon kerjasamanya. 
5. Selama pandemi, ketika staf medis mengambil inisiatif untuk melakukan kontak dekat dengan pasien, harap hormati dan patuhi arahan mereka!
6. Sepulang dari rumah sakit, harap ganti baju, tangani masker dengan benar, cuci tangan dengan benar, dan paling baik mandi seluruh tubuh.