7 Faktor Risiko Penyebab Kanker Pankreas

Penyebab kanker pankreas belum sepenuhnya diketahui, namun ada faktor yang meningkatkan terkena kanker pankreas seperti faktor pribadi, lingkungan, kesehatan dan bawaan (warisan) tertentu. Kanker pankreas mengacu pada tumor yang dimulai di sel-sel pankreas, organ yang terletak di belakang perut yang membantu Anda mencerna makanan.

Faktor risiko adalah faktor apa pun yang terkait dengan peningkatan peluang seseorang untuk mengalami kondisi tertentu, seperti kanker. Berikut ini beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena kanker pankreas.

1. Merokok

Dari banyak kasus, hampir 30% penyebab kanker pankreas adalah rokok. Orang yang merokok dapat meningkatkan dua kali lebih tinggi dari orang yang tidak merokok. Tumor yang terbentuk akibat rokok kemungkinan dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.

2. Pankreatitis Kronis

Pankreatitis adalah peradangan pankreas. Orang yang didiagnosis dengan pankreatitis kronis memiliki peningkatan risiko terkena kanker pankreas. Pankreatitis kronis adalah suatu kondisi yang dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Biasanya didiagnosis pada orang yang berusia 35-45 tahun. Ini disebabkan oleh meminum alkohol secara berlebih dalam waktu yang cukup lama.

3. Etnis

Orang Afrika – Amerika lebih berisiko terkena kankre pankreas dibandingkan dengan orang Asia. Alasan perbedaan ini tidak diketahui tetapi mungkin terkait dengan perbedaan faktor risiko dan kebiasaan lain seperti diet dan frekuensi merokok.

4. Usia

Risiko terkena kanker pankreas meningkat ketika seseorang memasuki usia 50 tahun. Sebagian besar pasien berusia antara 60 dan 80 tahun pada saat diagnosis.

5. Diabetes

Hubungan antara diabetes dan kanker pankreas masih belum dipahami. Tetapi, tidak jarang pasien menderita diabetes sebelum kanker pankreas terdeteksi dan mungkin intoleransi glukosa ini sebenarnya disebabkan oleh perubahan pankreas akibat kanker.

6. Penyakit Turunan

Risiko terkena kanker pankreas meningkat 2-3 kali jika ibu, ayah, saudara kandung, atau anak menderita kanker pankreas. Ada beberapa mutasi gen yang diwariskan yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

7. Berat Badan

Seseorang dengan berat badan yang berlebih (obesitas) merupakan salah satu penyebab kanker pankreas atau disebabkan oleh penyakit lain.

Apabila Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko diatas, segera konsultasikan dengan kami. Setiap orang memiliki setidaknya 1 faktor risiko penyebab kanker pankreas tetapi tidak akan pernah mengembangkan kanker, sementara yang lain dengan kanker mungkin tidak memiliki faktor risiko yang diketahui.

Jika ada keluarga atau kerabat yang Anda sayangi mengalami kanker pankreas, St Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou siap membantu Anda. Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi 081350262002 (telp/wa), atau klik gambar dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi