Bagaimana Cara Diagnosis Kanker Mata

Untuk diagnosis kanker mata, Anda akan menemukan beberapa tes umum, prosedur, dan pemindaian yang dapat digunakan dokter untuk mencari tahu dan menemukan sel tumor. Dokter biasanya akan menggunakan banyak tes untuk mendiagnosis kanker mata dan mencari tahu apakah sel kanker telah menyebar kebagian lain dari tubuh apa tidak.

Kanker mata terjadi ketika sel-sel normal disekitar mata berubah dan tumbuh tidak terkendali dan membentuk tumor. Setelah seorang pasien datang dengan gejala penyakit mata seperti kabur atau hilang atau penglihatan atau perubahan penampilan mata, dokter akan memeriksa mata Anda dengan hati-hati untuk mendiagnosis kanker mata.

Berikut ini beberapa tes atau prosedur untuk diagnosis kanker mata.

CT Scan

Ini adalah cara diagnosis kanker mata yang umum, dengan teknik standar yang mengambil gambar tiga dimensi bagian dalam mata. Kadang-kadang pewarna kontras dapat disuntikkan sebelum pemindaian. Ini juga menyoroti pembuluh darah pada pemindaian dan membantu mengidentifikasi tumor dan lokasinya.

Biopsi

Kadang-kadang sampel kecil jaringan disedot dengan jarum atau diangkat di bawah mikroskop. Pasien dengan jenis kanker mata melanoma okuler sering kali tidak membutuhkan biopsi untuk memastikan diagnosis.

Pemindaian PET

Diagnosis kanker mata yang bisa digunakan ialah pemindaian PET, dengan melakukan tes tersebut sangat membantu dokter untuk melihat struktur bagian dalam pada mata.

Fotografi Fundus

Metode ini mengambil gambar berwarna bagian belakang mata atau retina. Ini dapat menunjukkan tumor sebelum dan sesudah perawatan dalam beberapa kasus. Kamera mengambil gambar setelah pupil melebar sepenuhnya atau meluas menggunakan tetes mata khusus.

Pemindaian Ultrasound

Perangkat ini menggunakan gelombang suara untuk melihat berbagai struktur dalam mata. Probe digosokkan di sekitar mata. Ini memancarkan gelombang suara yang mengirim kembali gema yang dapat dikonversi menjadi gambar radiologis oleh komputer. Pelat hitam, putih dan abu-abu dapat mengungkapkan struktur internal mata.

Itulah beberapa tes atau prosedur yang umum digunakan untuk mendiagnosis kanker mata. Dokter juga biasanya akan menyarankan tes lain yang akan membantu diagnosis. Perlu diketahui bahwa tes dan prosedur diatas tidak semua bisa diterapkan pada setiap pasien. Dokter akan mempertimbangkan faktor:

- Usia dan kondisi pasien.

- Jenis kanker yang dicurigai.

- Hasil tes sebelumnya

- Tanda dan gejala yang dialami.

Setelah kanker terdeteksi, perlu dilakukan pementasan. Pementasan dilakukan guna untuk membantu dokter menentukan tingkat penyebaran kanker, dan strategi perawatan yang efektif. Di St Standord Modern Cancer Hospital Guangzhou memiliki lebih dari 20 metode perawatan minimal invasif yang dapat diterapkan untuk pasien kanker mata.

Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi kami di 081350262002 (telp/wa), atau klik gambar dibawah ini untuk konsultasi via chat online.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi