Kenali Gejala Kanker Leukemia

Kanker leukemia adalah jenis kanker yang berkaitan dengan darah, gejala kanker leukemia tidak begitu spesifik dan mungkin termasuk anemia, memar dan menurunnya berat badan. Kanker leukemia dapat mempengaruhi replikasi sel darah putih di sumsum tulang. Sel-sel abnormal membunuh sel-sel sehat, sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan memperhambat produksi sel-sel darah.

Ada empat jenis utama kanker leukemia. Sebagian besar penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi ditemukan beberapa faktor risiko yang data meningkatkan seseorang terkena penyakit ini, seperti faktor genetika, merokok, radiasi dan paparan lingkungan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalua gejala kanker leukemia mungkin sangat halus dan tidak kita sadari pada tahap awal terkena penyakit ini. Akan tetapi gejala kanker lekemia akan semakin terlihat ketika kanker sudah masuk ke tahap lanjut atau bahkan ketika kanker sudah menyebar.

Pada tahap awal mungkin gejalanya seperti penyakit biasa pada umumnya, termasuk demam, mudah lelah, dan sakit kepala. Gejala kanker leukemia pada orang dewasa dan anak-anak dapat serupa, berikut ini gejala kanker leukemia yang umum terjadi.

Sering Terkena Infeksi

Orang yang terkena kanker leukemia sering kali rentan terkena infeksi, termasuk infeksi tenggorokan, kulit, saluran kemih, dan infeksi diarea anus. Infeksi tersebut disebabkan oleh ketidak mampuan sel darah putih memadai untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Pembengkakan Getah Bening

Terkadang sel-sel leukemia dapat menumpuk di kelenjar getah bening dan menyebabkan pembengkakan yang lunak. Pembengkakan kelenjar getah bening mungkin di area leher, ketiak, atau selangkangan. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa juga tidak langsung diraba tetapi dapat dirasakan. Contohnya pembengkakan kelenjar getah bening di dada, tidak bisa diraba tetapi dapat menyebabkan sesak napas, mengi, atau batuk.

Demam yang Tidak Jelas Penyebabnya

Demam tanpa sumber yang jelas, seperti infeksi, dapat menjadi gejala kanker apapun, termasuk gejala kanker leukemia. Apabila Anda mengalami demam yang tinggi dan  tak kunjung sembuh sampai berminggu-minggu tanpa penyebab yang jelas, segera periksakan diri ke dokter.

Sakit Perut

Sel-sel darah putih yang abnormal dapat mengumpulkan di hati dan limpa, menyebabkan perut Anda membengkak dan menjadi tidak nyaman. Jenis pembengkakan ini juga bisa mengurangi nafsu makan atau membuat Anda merasa kenyang saat makan. Keterlibatan limpa sering menyebabkan rasa sakit di perut kanan atas, sedangkan keterlibatan hati sering menyebabkan rasa sakit di perut kiri atas.

Nyeri Tulang Dan Sendi

Nyeri tulang dan sendi paling umum terjadi di daerah di mana terdapat sumsum tulang dalam jumlah besar, seperti panggul atau tulang dada. Ini disebabkan oleh kepadatan sumsum dengan jumlah berlebihan sel darah putih abnormal.

Itula beberapa gejala kanker leukemia yang umum terjadi. Mungkin gejalanya idak spesifik, dan Anda dapat mengabaikan begitu saja. Saran dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, apabila mengalami gejala diatas segera periksakan diri kedokter. Anda bisa berkonsultasi dengan kami melalui chat online dengan cara klik gambar dibawah ini dan untuk informasi pengobatan bisa menghubungi 081350262002 (telp/wa).

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi