Apa Saja Ciri Ciri Kanker Ovarium

Setiap penyakit memiliki ciri ciri untuk mengidentifikasikan suatu penyakit. Begitu juga dengan ciri ciri kanker ovarium, akan tetapi ciri ciri dari kanker ini tidak jelas atau terkadang tidak menimbulkan tanda setelah terkena penyakit ini.

Kanker ovarium adalah penyakit yang umum terjadi. Kanker ovarium terjadi dimana sel-sel di ovarium berkembang biak dan tumbuh secara tidak normal. Ovarium adalah organ reproduksi wanita berukuran seperti sebesar almond yang menghasilkan telur, serta hormon estrogen dan progesteron.

Wanita biasanya memiliki dua ovarium yang terletak dipanggul dan satunya di setiap sisi rahim. Ciri ciri kanker ovarium bisa terjadi karena sel dalam ovarium tidak berfungsi dengan baik, sehingga sel tidak normal berkembang biak dengan cara membelah diri secara tidak terkendali dan dapat membentuk tumor atau massa.

Jenis Jenis Kanker Ovarium

Kanker ovarium dapat berkembang dan menyebar di berbagai jenis sel yang membentuk ovarium. Dari jenis tersebut tentu memiliki ciri ciri kanker ovarium yang berbeda-beda. Jenis kanker ovarium ditentukan dari letak tumor. Berikut ini jenis-jenisnya:

- Permukaan sel epitel, yang menutupi permukaan luar ovarium.

- Sel-sel benih, yang pada akhirnya membentuk telur.

- Sel stroma, yang membantu menyatukan ovarium dan melepaskan estrogen dan progesteron.

Dari semua kasus kanker ovarium, hampir sembilan puluh persen berkembang biak di sel epitel permukaan. Kanker dalam sel-sel ini sering muncul pada ujung tuba falopi, yang terletak di setiap sisi rahim. Telur berjalan melalui saluran tuba ke rahim. Kanker juga dapat berkembang di peritoneum, jaringan yang menghubungkan dinding dan menutupi organ-organ perut.

Siapa yang Berisiko Terkena Kanker Ovarium

Setiap wanita mempunyai risiko terkena penyakit ini, karena kanker ovarium sangat umum terjadi pada wanita. Terutama pada wanita yang berusia lanjut. Dari kebanyakan pasien kanker ovarium terjadi pada wanita yang berusia diatas 50 tahun. Hanya sedikit terjadi pada wanita dibawah usia 30 tahun.

Ciri Ciri Kanker Ovarium

Sangat sulit menentukan ciri ciri kanker ovarium pada tahap awal, karena jarang sekali menimbulkan gejala atau bahkan tidak sama sekali. Ciri ciri kanker ovarium yang terlihat mungkin hanya gejala yang ringan dan tanpa disadari kanker sudah dalam stadium lanjut dan baru diketahui. Berikut ini ciri ciri kanker ovarium yang umum terjadi:

- Nyeri di bagian perut atau panggul.

- Sering buang air kecil, atau keinginan ingin buang air kecil.

- Mengalami perubahan periode menstruasi.

- Pendarahan pada vagina.

- Sakit punggung.

- Kehilangan selera makan.

- Berat badan menurun tanpa direncanakan.

Meskipun ciri ciri kanker ovarium mungkin tidak jelas, terutama pada tahap awal, sehingga ciri ciri yang timbul mungkin akan Anda abaikan begitu saja. Ciri ciri kanker ovarium dapat memburuk seiring berkembangnya tumor. St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menyarankan apabila Anda menemukan salah satu ata lebih ciri ciri kanker ovarium seperti diatas, segera kunjungi dokter Anda.

Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi kami di 081350262002 (telp/wa), atau Anda bisa klik gambar dibawah ini untuk konsultasi melalui chat online.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi