5 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Wanita

Sangat penting sekali apabila menangkap kanker payudara sejak awal dengan melihat gejala kanker payudara. Dengan begitu Anda dapat mencegah kanker untuk menyebar kebagian lain dari tubuh, dan kanker mudah untuk disembuhkan.

Gejala kanker payudara sangat bervariasi di antara wanita yang berbeda tetapi biasanya melibatkan beberapa jenis perubahan pada payudara. Beberapa wanita mungkin tidak pernah mengalami gejala, tetapi mamografi mendeteksi kanker.

Setiap orang harus mengetahui gejala dan tanda-tanda kanker payudara, dan setiap kali ada kelainan atau keanehan ditemukan pada payudara, itu harus diselidiki secara mandiri atau oleh seorang profesional kesehatan.

Kebanyakan orang yang memiliki gejala dan tanda kanker payudara pada awalnya hanya akan melihat satu atau dua, dan kehadiran gejala dan tanda ini tidak secara otomatis berarti bahwa Anda menderita kanker payudara.

Dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan atau ketika sedang mandi, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi perubahan apapun pada payudara Anda. Dan segera konsultasikan kepada kami apabila menemukan sesuatu yang tidak biasa pada payudara Anda, bisa jadi itu adalah gejala kanker payudara.

Berikut ini beberapa gejala kanker payudara yang harus Anda ketahui.

1. Benjolan di Payudara

Tentu saja, gejala kanker payudara yang paling banyak didengar orang adalah benjolan atau pertumbuhan payudara. Benjolan ini mungkin sangat kecil dan lunak, atau terasa seperti simpul yang keras di jaringan payudara. Namun, kadang-kadang benjolan tidak dapat dirasakan sampai kanker telah berkembang ke tahap selanjutnya, itulah mengapa sangat penting bagi wanita berusia di atas 40 tahun untuk melakukan pemeriksaan ke dokter secara teratur. Terkadang pertumbuhan kecil dapat muncul dalam pemeriksan oleh dokter, ketika mereka tidak cukup besar untuk dideteksi dengan pemeriksaan sendiri untuk benjolan di payudara.

2. Pembengkakan

Pada tahap awal dari bentuk kanker ini, payudara mungkin terlihat sangat normal, walaupun memiliki sel kanker, itulah sebabnya deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk keberhasilan pengobatannya. Ketika kanker berkembang, payudara mungkin mulai membengkak. Area lengan dan ketiak pada sisi tubuh yang sama juga dapat dipengaruhi oleh pembengkakan. Kelenjar getah bening yang terletak di bawah lengan menjadi kanker, mereka mulai membengkak, menghalangi cairan dan mengubah cara mereka mengalir ke seluruh tubuh, menyebabkan peradangan di banyak daerah yang berbeda.

3. Keluar Cairan Abnormal

Selama salah satu tahap kanker payudara, segala bentuk keluarnya cairan dari puting susu pasti bisa menjadi tanda peringatan. Cairan mungkin berwarna kuning dan tampak seperti nanah, dan bisa sangat cair, atau bisa lebih tebal. Beberapa kasus gejala kanker payudara berupa keluar cairan darah dari puting payudara. Gejala ini mungkin disertai atau tidak disertai dengan rasa sakit dari area sekresi.

4. Perubahan Tekstur Kulit dengan Payudara

Perubahan nyata pada kulit dan penampilan payudara harus menjadi perhatian. Kulit mungkin mulai terasa gatal atau mungkin ada sensasi kesemutan di kulit payudara. Kulit juga bisa menjadi merah. Dengan kanker payudara yang meradang, pembengkakan dan penampilan lesung pada kulit juga dapat terjadi, karena penyumbatan kelenjar getah bening yang mungkin disebabkan oleh tumor atau pertumbuhan.

5. Terasa Nyeri Pada Payudara

Apabila menimbulkan rasa sakit pada payudara, Anda harus segera periksakan diri ke dokter. Saat tumor di dalam payudara tumbuh, rasa sakit biasanya meningkat, karena semakin banyak tekanan ditempatkan pada area yang berbeda di dalam dada. Ketika tumor mencapai kulit, itu juga dapat menyebabkan borok dan lecet kulit yang sangat menyakitkan. Jika kanker menyebar ke tulang rusuk, itu dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memperingatkan teman-teman wanita: jika ditemukan gejala-gejala kanker payudara seperti di atas, waspadalah, dan lakukanlah pemeriksaan ke rumah sakit yang khusus. Selain itu, dalam hidup sehari-hari, bagi anda kaum wanita dapat melakukan pemeriksaan sendiri terkait dengan perubahan pada payudara.

Apabila Anda mengalami gejala seperti diatas, segera konsultasikan dengan kami melalui chat online dengan cara klik gambar dibawah ini, atau bisa menghubungi kami di 081350262002 (telp/wa) untuk mengetahui informasi pengobatan dan konsultasi gratis.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi