Apa Yang Menjadi Poin Penting Dalam Mendiagnosa Kanker Payudara?


Mendiagnosa kanker payudara sejak dini sangatlah penting, hal ini berhubungan langsung dengan penyakit, sehingga dalam proses tersebut perlu menguasai hal berikut :

1. Riwayat Penyakit : Menanyakan riwayat penyakit dapat membantu kita mendapatkan informasi untuk mendiagnosis apakah benjolan bersifat jinak atau ganas. Untuk kasus pasien berusia paruh baya, harus diketahui sejak kapan dan di bagian mana benjolan muncul, apakah perkembangannya cepat atau lambat, sudah pernah melakukan pemeriksaan dan pengobatan apa saja, pernah terjangkit penyakit serius apa saja sebelumnya, serta apakah terdapat riwayat kanker dalam keluarga. Selain itu, juga perlu diketahui tentang riwayat pernikahan, menstruasi, menyusui dan kesuburan pasien.

2. Pemeriksaan Fisik : Selain pemeriksaan jantung, paru, hati, ginjal, sistem saraf pusat dan berbagai organ vital lainnya, pasien harus melakukan pemeriksaan kelenjar getah bening, terutama pada ukuran, bentuk, letak kelenjar getah bening di bagian atau sisi ketiak. Pemeriksaan fungsi hati tidak boleh diabaikan. Pemeriksaan tumor lokal payudara merupakan langkah penting untuk mendiagnosa, meneliti kulit payudara, ada tidaknya kelainan puting payudara, palpasi tumor, tingkat adhesi kulit, dan apakah letak, tingkat aktivitas, ukuran dan batasan tumor jelas atau tidak, pemeriksaan pada aerola dan area predileksi pada payudara, apakah mengalami gejala seperti kulit jeruk, lesung pipi, nodul satelit, kulit luka, puting mengeluarkan cairan dan sebagainya.

3. Pemeriksaan lainnya : Jika pemeriksaan klinis tidak dapat mendiagnosa, Anda dapat melakukan pemeriksaan khusus. Salah satunya pemeriksaan X-ray (Target molibdenum atau Thermal Film Printer, Ductography), pemeriksaan sitologi (Aspirasi Jarum Halus, Filtrat Smear), biopsi, Computer Tomography, USG dan pemeriksaan lainnya, yang mempunyai keakuratan yang tinggi.