Jenis Kanker Saluran Empedu

Kanker saluran empedu dimulai pada saluran empedu. Kanker bermula ketika sel-sel dalam tubuh di luar kendali. Sel-sel di hampir semua bagian tubuh dapat menjadi kanker, dan juga dapat menyebar ke area lain dari tubuh, begitu juga dengan kanker saluran empedu.

Saluran empedu adalah serangkaian tabung tipis yang terhubung dari hati ke usus kecil. Fungsi kerja saluran empedu adalah memindahkan cairan yang disebut empedu dari hati dan kantong empedu ke usus kecil, dimana proses ini membantu mencerna lemak dalam makanan.

Dimana Kanker Saluran Empedu Dapat Berkembang?

Dokter membagi kanker saluran empedu menjadi 3 kelompok tergantung pada di mana mereka berkembang:

• Wilayah intrahepatik - ini berarti di dalam hati dan mencakup saluran hati kanan dan kiri serta cabang-cabangnya yang lebih kecil

• Daerah perihilar (hilar) - ini tepat di luar hati tempat saluran hati kanan dan kiri bertemu

• Daerah distal - ini termasuk saluran empedu yang mengalir melalui pankreas ke usus kecil

Kanker yang bermula di saluran empedu di luar hati disebut kanker saluran empedu ekstrahepatik. kanker yang berawal dari saluran empedu di dalam hati (kanker saluran empedu intrahepatik).

Kanker Saluran Empedu Ekstrahepatik

Kanker saluran empedu ekstrahepatik bermula di saluran empedu di luar hati. Mereka dapat dibagi menjadi dua jenis tergantung pada area yang mereka kembangkan di:

- Kanker Saluran Empedu Daerah Perihilar

Ini adalah kanker yang berkembang di luar hati, di mana saluran hati kiri dan kanan bergabung bersama. Mereka juga disebut tumor Klatskin atau kanker hilar. Ini adalah jenis kanker saluran empedu yang paling umum. Sekitar 6 dari 10 kanker saluran empedu (60%) dimulai di daerah perihilar.

- Kanker Saluran Empedu Daerah Distal

Ini adalah kanker yang dimulai di saluran empedu di bawah daerah perihilar dekat usus. Sekitar 2 dari 10 kanker saluran empedu (20%) mulai di daerah distal. Sebelum operasi mungkin sulit bagi dokter untuk memastikan apakah kankernya ada di saluran empedu atau pankreas.

Kanker Saluran Empedu Intrapepatik

Kanker saluran empedu intrapepatik mulai di dalam hati. Ada sejumlah saluran empedu kecil yang bergabung bersama di dalam hati untuk membentuk saluran hati kiri dan kanan. Sekitar 2 dari 10 kanker saluran empedu (20%) dimulai pada saluran empedu intrahepatik. Jenis kanker saluran empedu kadang-kadang bingung dengan kanker yang disebut kanker hepatoseluler, yang dimulai pada sel-sel hati.

Pengobatan Kanker Saluran Empedu

Selain operasi dan kemoradioterapi, masih ada metode Minimal Invasif, seperti Photodynamic Therapy, Microwave Ablation dan metode lainnya. Pengobatan kanker saluran empedu tidak harus dengan operasi besar. Selain obat anti-kanker yang hanya dipusatkan pada sel tumor, metode ini juga dapat mencegah kerusakan pada organ normal di sekitarnya, merupakan sebuah metode pengobatan yang sangat baik untuk kanker saluran empedu.

Oleh karena itu, baik metode operasi, radioterapi maupun kemoterapi, setiap metode pengobatan memiliki indikasi dan tahapan yang berbeda, sehingga memilih satu jenis metode pengobatan saja tidak membuat anda mencapai pengobatan kanker yang komprehensif dan efektif. Untungnya, terapi Minimal Invasif yang ada di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou memberikan harapan bagi para pasien kanker saluran empedu.

Untuk informasi pengobatan kanker saluran empedu dan konsultasi gratis, bisa langsung menghubungi 081350262002 (telp/wa). Atau bisa melalui chat online dengan cara klik link konsultasi dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi

Referensi

https://www.cancerresearchuk.org/
https://www.cancer.org/
https://www.moderncancerhospital.co.id/