Kanker Penis, Tumor Ganas yang Dapat Menyerang Pria

Kanker penis adalah pertumbuhan tumor ganas yang terjadi pada kulit atau di jaringan penis. Penyakit ini jarang ditemukan tetapi bisa diobati, terutama jika dideteksi sejak dini. Perlu diketahui bahwa banyak pasien yang terkena kanker penis merasa sangat menderita, bahkan tingkat statistik menyatakan bahwa penderita kanker penis meningkat setiap tahunnya.

Penyebab Kanker Penis

Para ahli masih belum mengetahui penyebab pasti dari kanker penis. Tetapi seseorang yang belum sunat memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Jika cairan terperangkap dalam kulup atau tidak menjaga kebersihan kulup, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker disekitar kulup.

Pria yang terinfeksi virus HPV (human papillomavirus) tipe tertentu juga lebih mungkin terkena kanker penis. Selain itu, pria yang merokok juga meningkatkan risiko penyakit ini. Kanker dapat berkembang dimana saja pada penis, tetapi yang paling umum berkembang dibawah kulit kulup pada pria yang belum disunat atau di ujung penis.

Jenis Kanker Penis Pada Pria

Mengetahui jenis kanker penis pada pria dapat membantu dokter untuk memutuskan pengobatan dan perawatan yang tepat. Berikut ini jenis-jenis kanker penis yang dapat menyerang pria:

- Kanker sel skuamosa

Sekitar 95% kanker penis pada pria jenis kanker sel skuamosa. Jadi ini adalah jenis yang paling umum. Kanker ini berkembang dari sel-sel skuamosa, sel-sel mirip kulit yang menutupi permukaan penis. Jenis ini umumnya tumbuh lebih lambat, bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tetapi ada beberapa kasus kanker dapat bertumbuh lebih cepat.

- Sarkoma

Sarkoma adalah kanker yang berkembang di jaringan tubuh yang membentuk struktur, seperti tulang, otot, dan tulang rawan. Jenis kanker ini jarang ditemukan, tetapi cenderung tumbuh lebih cepat dari pada jenis kanker penis lainnya.

- Adenocarsinoma

Adenokarsinoma adalah kanker yang berkembang di sel kelenjar yang menghasilkan keringat di kulit penis.

- Melanoma

Melanoma berkembang dari sel-sel di kulit yang memberi warna pada kulit. Meskipun melanoma biasanya berkembang di daerah yang terpapar matahari, beberapa berkembang di tempat-tempat yang umumnya tidak langsung di bawah sinar matahari. Jenis kanker ini paling jarang ditemukan.

Gejala Kanker Penis Pada Pria

Kanker penis dapat menyebabkan gejala-gejala berikut tetapi mereka juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

- Pendarahan pada penis

Pendarahan bisa menjadi tanda kanker, termasuk dari bawah kulit kulup.

- Ruam pada penis

Ruam akan muncul pada penis, apabila ruam terlihat itu tanda yang tidak normal, Anda harus segera konsultasikan ke dokter.

- Phimosis

Ini adalah gejala dimana kulit kulup tidak bisa di tarik kebelakang, atau sulit menarik kulit kulup.

- Sakit pada penis

Muncul luka pada penis yang tidak sembuh pada kurun waktu 4 minggu. Gejala ini bisa terlihat seperti kutil, bisul atau lepuhan dan kemungkinan tidak menyakitkan.

Jangan di abaikan apabila gejala tidak kunjung hilang, segera kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan. Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, bisa jadi anda menderita kanker penis, tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit lainnya. Modern Hospital Guangzhou menyarankan anda untuk segera mencari pengobatan yang tepat, melakukan pemeriksaan yang tepat, sehingga bisa dideteksi dan didiagnosa sejak dini.

Pengobatan Kanker Penis Pada Pria

Operasi pada kanker penis perlu disesuaikan dengan kondisi dan stadium kankernya, dapat dilakukan sunat, reseksi penis parsial dan beberapa cara lainnya. Tujuan pengobatannya adalah untuk membunuh sel tumor secara menyeleuruh dan menjaga keutuhan organ. Selain radioterapi, kanker penis dapat diobati dengan Metode Intervensi. Metode Intervensi merupakan metode pengobatan kanker tanpa operasi, dilakukan dengan memasukkan kateter via pembuluh darah, hanya membutuhkan luka sayatan sekitar 1-2mm, di bawah panduan alat pencitraan langsung menuju ke pusat tumor, dapat diterapkan pada pasien yang tidak dapat menjalani atau menolak operasi.

St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menerapkan metode pengobatan intervensi. Dengan melakukan pengobatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan minim efek samping dan luka.

Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi kami di 081350262002 (telp/wa). Anda juga bisa melakukan konsultasi via chat online dengan cara klik gambar dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi

Referensi

en.wikipedia.org/

www.cancerresearchuk.org/

www.webmd.com/

www.moderncancerhospital.co.id/