Jenis, Gejala dan Pengobatan Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada kelenjar prostat. Kanker prostat terjadi ketika sel-sel abnormal mulai membelah dan tumbuh dengan cara tidak terkendali. Sel-sel dapat tumbuh menjadi jaringan organ disekitarnya, dan dapat menyebar ke area lain dari tubuh.

Prostat adalah kelenjar kecil di dasar kandung kemih. Prostat mengelilingi bagian pertama dari tabung yang membawa urin dari kandung kemih ke penis (uretra). Uretra juga membawa semen, cairan yang mengandung sperma.

Bagaimana Kanker Prostat Dimulai?

Sebagian besar kanker prostat dimulai dari sel-sel kelenjar luar prostat dan dikenal sebagai adenokarsinoma asinar. Kebanyakan dari kanker ini berkembang dan tumbuh sangat lambat, dan tidak menyebar, akan tetapi beberapa kasus ditemukan kanker prostat bisa tumbuh lebih cepat.

Jenis Kanker Prostat

Perlunya mengetahui jenis kanker prostat yang Anda miliki, guna untuk mengetahui tentang jenis sel tempat kanker dimulai. Mengetahui hal ini, membantu dokter untuk memutuskan perawatan apa yang dibutuhkan. Berikut ini jenis-jenis dari kanker prostat:

- Asinar Adenokarsinoma, adalah kanker yang berkembang di sel kelenjar yang melapisi kelenjar prostat. Mereka adalah jenis kanker prostat yang paling umum. Hampir setiap orang dengan kanker prostat memiliki tipe ini.

- Adenokarsinoma Duktal, dimulai pada sel yang melapisi saluran (tabung) kelenjar prostat. Ia cenderung tumbuh dan menyebar lebih cepat daripada asinar adenokarsinoma.

- Kanker Sel Transisi, dari prostat dimulai pada sel-sel yang melapisi tabung yang membawa urin ke bagian luar tubuh (uretra). Jenis kanker ini biasanya dimulai di kandung kemih dan menyebar ke prostat. Tetapi jarang dapat mulai di prostat dan dapat menyebar ke pintu kandung kemih dan jaringan di dekatnya.

- Kanker Sel Skuamosa, Kanker jenis ini berkembang dari sel-sel datar yang menutupi prostat. Mereka cenderung tumbuh dan menyebar lebih cepat daripada adenokarsinoma prostat.

- Kanker Prostat Sel Kecil, Kanker prostat sel kecil terdiri dari sel bulat kecil. Ini adalah jenis kanker neuroendokrin.

- Kanker Langka Lainnya, kanker ini dapat berkembang di prostat, termasuk : tumor neuroendokrin, sarkoma.

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat pada dasarnya tidak menyebabkan gejala sama sekali pada tahap awal terkena penyakit ini, bisa sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Berikut ini gejala-gejala yang mungkin muncul:

- Kesulitan saat buang air kecil

- Bersamaan keluarnya urin bercampur darah saat buang air kecil

- Mengalami sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil

- Lebih sering buang air kecil dari biasanya

- Kelenjar prostat membesar

- Terasa sakit saat buang air kecil

Periksakan segera ke dokter Anda apabila mengalami gejala tersebut. Kebanyakan kasus, orang yang terkena kanker prostat, baru diketahui ketika penyakit sudah ke tahap lanjut, mereka menyepelekan gejala yang timbul dan tidak segera memeriksakan diri ke dokter atau tidak menimbulkan gejala apapun.

Pengobatan Kanker Prostat

Dengan bertambahnya jumlah lanjut usia yang mengalami kanker prostat, membuat penyakit ini menjadi ancaman utama bagi kesehatan pria pada usia lanjut, akan tetapi tidak terkecuali usia remaja juga dapat terkena kanker prostat, apabila memiliki faktor risiko. Lalu apa pengobatan kanker prostat yang tetap?

Biasanya dokter akan menyarankan pengobatan konvensional seperti, operasi dan kemoradioterapi. Akan tetapi pengobatan ini memiliki risiko tinggi dan efek samping yang berat, seperti: dapat merusak hati, menyebabkan komplikasi, lemah syahwat, mengurangi kualitas hidup, berkurangnya sel darah putih, rambut rontok, muntah, dan pengobatan konvensional dapat membunuh sel-sel normal yang menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

Di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou, memiliki lebih dari 21 teknologi pengobatan kanker minimal invasif internasional yang canggih. Pengobatan minimal invasif kanker prostat minim luka, insiden komplikasi rendah, dapat mempertahankan fungsi seksual, tidak perlu kemoterapi pascaoperasi, minim derita, kualitas hidup tinggi, dapat memperpanjang kelangsungan hidup pasien. Cryosurgery, Imunoterapi dan Brachytherapy 125l memiliki keunggulan berupa luka sayatan kecil, efektif, minim efek samping, dll. Cocok untuk pengobatan kanker prostat berbagai stadium, pasien dapat mempertimbangkan untuk menemukan metode pengobatan yang cocok dan secara efektif meningkatkan kualitas hidup mereka.

Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi 081297897859 (telp/wa), atau melalui chat online dengan cara klik gambar dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi