Perubahan Payudara Yang Berarti “Kanker”

Selalu memperhatikan kesehatan payudara, ini sudah menjadi tugas wanita selama ini, tetapi selain benjolan yang tidak teraba dan tidak melakukan pengobatan tepat waktu, terkadang ketidaksiapan psikologis sering menjadi penghambat waktu pengobatan. Dengan begitu, masalah payudara yang sering ditemui dalam keseharian, manakah yang berhubungan dengan kanker? Kapan kita harus waspada?

Payudara Nyeri : Jika kanker payudara, benjolan umumnya akan teraba, tidak terasa sakit. Tetapi seiring berjalanannya waktu, pertumbuhan benjolan akan semakin cepat, saat diraba, permukaan payudara akan terasa tidak rata, tidak ada batasan yang jelas dengan jaringan normal lainnya, bahkan teksturnya keras. Payudara terasa sakit, terutama saat diraba, rasa sakit itu adalah tanda peradangan payudara, seperti mastitis akut, abses payudara, dan rasa sakit pada siklus menstruasi, biasanya ini pertanda hyperplasia kelenjar payudara.

Penebalan Kelenjar Payudara Parsial : Pada saat meraba, akan terasa jaringan yang lebih tebal dibandingkan daerah sekitarnya, batas tidak terlalu jelas, ukuran tidak bisa dikira-kira, dalam diagnosa klinis disebut sebagai “hyperplasia”. Jika penebalan jaringan terjadi jangka panjang, tidak berhubungan dengan siklus menstruasi atau lebih tebal dan melebar dari sebelumnya, terutama muncul pada wanita yang berusia paruh baya, harus lebih diperhatikan, karena 8% diantaranya bisa menjadi kanker.

Puting Keluar Cairan : Jika cairan bercampur darah, 60% kemungkinan adalah kanker; jika cairan kental, seperti susu atau air, kemungkinan besar adalah lesi jinak. Benjolan juga merupakan patokan yang penting, dengan begitu kemungkinan sel ganas sangat besar.

Perubahan Kulit Payudara : Sebagian penyakit payudara, kulit payudara tidak akan berubah. Tetapi kanker akan disertai invaginasi kulit, tampak seperti “lesung pipi”; dan mastitis akut sering menimbulkan kulit bengkak kemerahan, tuberkulosis payudara disertai dengan kulit borok dan fistula.

Perubahan Bentuk Payudara : Payudara normal memiliki bentuk lengkung yang utuh, jika Anda menemukan bentuk lengkung yang tidak utuh, waspadalah. Terkadang ini merupakan gejala awal kanker payudara.

Perubahan Puting : Penyusutan puting juga merupakan salah satu gejala kanker payudara, biasanya penyusutan terjadi di satu sisi. Jika puting eksim terus menerus, kulit terasa gatal, serta tidak kunjung sembuh, disarankan untuk melakukan pemeriksaan, ini merupakan jenis kanker payudara.

St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, pada saat muncul gejala di atas, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit, dengan begitu Anda akan merasa tenang. Pada umumnya, kanker payudara tidak muncul tanda-tanda, karena itu, bagi kalangan usia manapun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin.