Apa Saja Jenis-Jenis Kanker Tulang Primer


Tumor tulang bisa terjadi akibat tumbuhnya sel-sel kanker dalam tulang, membelah tanpa terkendali dan membentuk massa jaringan. Kenali jenis-jenis kanker tulang sejak dini untuk mencegah penyakit ini. Perlu di ketahui bahwa sebagian tumor tulang adalah jinak, yang berarti bukan kanker dan tidak menyebar kearea lain dari tubuh.

Akan tetapi ada beberapa jenis-jenis tumor pada tulang yang dapat menyebabkan kanker tulang (kanker ganas) seperti, tumor tulang primer, tumor metastasis (yaitu tumor yang berkembang dari sel-sel kanker yang menyebar kebagian tubuh lain).

Jenis-Jenis Kanker Tulang Primer

Jenis-jenis kanker tulang primer ditentukan oleh sel-sel di tulang yang memunculkannya.

Osteosarkoma

Osteosarkoma muncul dari sel-sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas dalam jaringan osteoid (jaringan tulang imatur). Tumor ini biasanya terjadi di lengan dekat bahu dan di kaki dekat lutut pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda tetapi dapat terjadi pada tulang apa pun, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Seringkali tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian lain dari tubuh, termasuk paru-paru. Risiko osteosarkoma paling tinggi di antara anak-anak dan remaja usia 10 dan 19 tahun. Laki-laki lebih mungkin mengembangkan osteosarkoma dibandingkan perempuan. Di antara anak-anak, osteosarkoma lebih sering terjadi pada orang kulit hitam dan kelompok ras / etnis lain daripada orang kulit putih, tetapi di antara orang dewasa itu lebih sering terjadi pada orang kulit putih daripada kelompok ras / etnis lainnya.Orang yang menderita penyakit paget (suatu kondisi tulang jinak yang ditandai dengan perkembangan sel-sel tulang baru yang tidak normal) atau riwayat radiasi pada tulang-tulang mereka juga memiliki peningkatan risiko terkena osteosarkoma.

Chondrosarcoma

Chondrosarcoma dimulai pada jaringan tulang rawan. Tulang rawan adalah jenis jaringan ikat yang menutupi ujung tulang dan melapisi sendi. Chondrosarcoma paling sering terbentuk di panggul, kaki bagian atas, dan bahu dan biasanya tumbuh lambat, meskipun kadang-kadang dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Chondrosarcoma terjadi terutama pada orang dewasa yang lebih tua (di atas usia 40). Risiko meningkat dengan bertambahnya usia. Jenis chondrosarcoma langka yang disebut chondrosarcoma ekstraskeletal tidak terbentuk di tulang rawan tulang. Sebaliknya, itu terbentuk di jaringan lunak bagian atas lengan dan kaki.

Sarkoma Ewing

Sarkoma ewing biasanya muncul di tulang tetapi juga jarang muncul di jaringan lunak (otot, lemak, jaringan fibrosa, pembuluh darah, atau jaringan pendukung lainnya). Sarkoma ewing biasanya terbentuk di panggul, kaki, atau tulang rusuk, tetapi dapat terbentuk di tulang mana pun. Tumor ini sering tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian lain dari tubuh, termasuk paru-paru. Risiko sarkoma Ewing paling tinggi pada anak-anak dan remaja yang berusia kurang dari 19 tahun. Anak laki-laki lebih mungkin mengembangkan sarkoma Ewing daripada anak perempuan. Sarkoma Ewing jauh lebih umum pada orang kulit putih daripada orang kulit hitam atau orang Asia.

Chordoma

Chordoma adalah jenis kanker tulang yang sangat langka yang terbentuk di tulang tulang belakang. Tumor ini biasanya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan biasanya terbentuk di pangkal tulang belakang (sakrum) dan di pangkal tengkorak. Sekitar dua kali lebih banyak pria dibandingkan wanita yang didiagnosis menderita chordoma. Ketika mereka terjadi pada orang muda dan anak-anak, mereka biasanya ditemukan di pangkal tengkorak dan di tulang belakang leher (leher).

Walaupun jarang, tapi beberapa jenis kanker tulang jinak dapat menjadi ganas dan menyebar kebagian tubuh lain. Konsultasikan seger apabila mengalami gejala serius pada tulang.

Apa Penyebab dari Kanker Tulang

Meskipun sampai saat ini masih belum jelas apa penyebab pasti dari kanker tulang, para peneliti telah mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan kanker tulang, diantaranya:

- Pernah menjalani pengobatan kanker sebelumnya dengan radiasi, kemoterapi.

- Penyakit turunan dari orang tua.

- Kondisi tulang jinak tertentu, biasanya terjadi pada usia diatas 40 tahun.

Apa Pengobatan yang Tepat Untuk Kanker Tulang

Pengobatan dilihat dari apa jenis-jenis kanker tulang yang menyerang. Penyakit ini dapat membawa kerugian bahkan dapat mengancam jiwa Anda. Kanker tulang merupakan jenis tumor yang sering dijumpai dan dapat mempengaruhi kesehatan fisik pasien. Seiring dengan perkembangan teknologi medis, metode pengobatan pun semakin maju. Pakar onkologi St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou telah menjelaskan tentang metode-metode pengobatan pada kanker tulang seperti imunoterapi. Metode Imunoterapi adalah salah satu dari 4 metode pengobatan utama setelah operasi, radioterapi dan kemoterapi, merupakan pelengkap dalam pengobatan tradisional.

Efek pengobatannya cepat terasa dan tidak ada efek samping. Selain itu, Imunoterapi yang dipadukan dengan operasi, kemoterapi dan radioterapi akan memiliki efek yang saling melengkapi. Bagi pasien yang memiliki gangguan pada sistem kekebalan tubuh, metode pengobatan ini dapat meningkatkan proses pemulihan: jika dikombinasikan dengan metode operasi, dapat ,mencegah kekambuhan dan metastase tumor; jika dipadukan dengan kemoterapi, dapat memperpanjang kelangsungan hidup dan memperbaiki kualitas hidup pasien.

Kenali jenis-jenis kanker tulang untuk mencegah penyakit ini sedini mungkin. Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa melalui telepon atau WA di 081297897859, atau bisa melalui chat online dengan cara klik gambar dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Peng Xiaochi