Kanker Hati: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sebelum membahas penyebab, gelaja, dan pengobatan kanker hati, kenali terlebih dahulu apa itu kanker hati dan fungsi dari hati. Hati adalah organ besar dan berdaging yang berada di sisi kanan perut. Beratnya sekitar 3 kilogram, hati berwarna coklat kemerahan dan terasa kenyal bila disentuh. Biasanya Anda tidak bisa merasakan hati, karena dilindungi oleh tulang rusuk.

Fungsi dari hati adalah untuk menyaring darah yang beredar melalui tubuh, mengubah nutrisi dan obat-obatan. Fungsi penting lainnya, seperti menghilangkan racun dan produk limbah kimia lainnya dari darah. Karena semua darah dalam tubuh harus melewati hati.

Lalu Apa Penyebab Kanker Hati

Kanker hati adalah kanker yang dimulai di sel-sel hati Anda. Hati Anda adalah organ berukuran seperti bola yang berada di bagian kanan atas perut Anda, di bawah diafragma dan di atas perut Anda. Beberapa jenis kanker dapat terbentuk di hati. Jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler, yang dimulai pada jenis utama sel hati (hepatosit). Jenis kanker hati lainnya, seperti kolangiokarsinoma intrahepatik dan hepatoblastoma, jauh lebih jarang terjadi.

Kanker hati primer (karsinoma hepatoseluler) cenderung terjadi pada hati yang rusak oleh cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis dengan penyakit seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis (penyakit keturunan yang berhubungan dengan terlalu banyak zat besi di hati).

Berbagai zat penyebab kanker dikaitkan dengan kanker hati primer, termasuk herbisida dan bahan kimia tertentu seperti vinil klorida dan arsenik.

Gejala Kanker Hati

Kebanyakan orang tidak memiliki tanda dan gejala pada tahap awal kanker hati primer. Ketika tanda dan gejala muncul, mereka mungkin termasuk:

- Kehilangan selera makan

- Pembengkakan perut

- Mudah lelah dan lemas

- Nyeri perut bagian atas

- Menurunnya berat badan

- Mual dan muntah

Konsultasikan dengan dokter apabila mengalami gejala seperti diatas. Walaupun gejalanya seperti gejala penyakit pada umumnya pemeriksaan sejak dini sangat penting untuk mencegah penyakit ini berkembang.

Pengobatan Kanker Hati

Perkembangan teknologi medis saat ini, penyakit kanker bukan lagi masalah besar. Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa disembuhkan dengan penanganan dan pengobatan yang tepat. Ahli dari St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, dalam mengobati kanker hati, pasien dapat menghindari efek samping dari operasi dan kemoterapi dengan memilih metode pengobatan yang memiliki kelebihan : luka kecil, pemulihan cepat dan efek samping yang minim.

Saat ini, teknik minimal invasif internasional membawa harapan baru bagi kesehatan penderita kanker. Bentuk pengobatan yang bersifat minimal invasif semakin beragam,contohnya; Cryosurgery, Penanaman Partikel, Intervensi, Imunoterapi dan sebagainya,masing-masing memiliki keunggulan sendiri, dapat membantu membunuh sel-sel kanker dan menggabungkan dengan pengobatan China, ini tidak hanya dapat secara efektif mengurangi ketidaknyamanan pasien,tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien, meningkatkan efektivitas pengobatan.

Untuk informasi pengobatan dan konsultasi gratis bisa menghubungi 081297897859 (telp/wa). Atau bisa melalui chat online dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Antonius Johanes