Kenali Jenis Dan Gejala Kanker Payudara

Kurangnya pengetahuan mengenai jenis dan gejala kanker payudara membuat Anda berkemungkinan dapat terkena penyakit tersebut. Kanker payudara bisa terjadi karena sel-sel yang ada di payudara mengalami kelainan seperti tumbuh diluar kendali. Diketahui ada beberapa jenis kankek payudara. Jenis kanker payudara dapat berbeda tergantung dari sel mana di payudara yang mengalami perubahan kanker.

Pengenalan Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara pada awalnya bermula pada beberapa bagian di payudara. Payudara memiliki tiga bagian utama yaitu, lobulus, saluran, dan jaringan ikat. Lobulus adalah kelenjar yang menghasilkan susu. Saluran adalah tabung yang membawa susu ke puting. Jaringan ikat (yang terdiri dari jaringan fibrosa dan lemak) bagian yang mengelilingi dan menyatukan semuanya. Sebagian besar kasus kanker payudara berasal dari bagian saluran atau lobulus.

Kanker payudara dapat menyebar keluar payudara melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Apabila terjadi seperti itu maka kanker payudara dikatakan telah bermetastasis.

Gejala Kanker Payudara

Pada umumnya kanker payudara mungkin jarang sekali menyebabkan tanda dan gejala yang terlihat pada tahap awal. Tanda dan gejala sering terlihat atau dirasakan ketika tumor tumbuh cukup besar yang menyebabkan benjolan di payudara.

Gejala kanker payudara yang paling umum adalah benjolan keras yang terasa sangat berbeda dari bagian payudara lainnya. Benjolan terasa seperti melekat pada kulit atau jaringan disekitar payudara, ini disebut sebagai gejala karsinoma duktus. Sebaliknya terdapat juga gejala yang sering tidak membentuk benjolan, rasanya seperti jaringan di area payudara menjadi lebih tebal atau terasa lebih keras, hal seperti ini disebut dengan kasinoma lobular.

Gejala kanker payudara lainnya meliputi:

- Terdapat benjolan di sekitar ketiak (aksila)

- Terlihat perubahan bentuk atau ukuran pada payudara

- Keluarnya cairan dari puting susu tanpa memerasnya, terkadang bercampur dengan darah

- Terjadi perubahan pada puting susu, seperti puting susu mengarah kearah dalam  atau putting terbalik.

Jenis Kanker Payudara

Jenis kanker payudara yang paling umum adalah: 

1. Karsinoma Duktal Invasif. Sel-sel kanker tumbuh diluar saluran ke bagian lain dari jaringan payudara. Sel kanker invasif juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain yang disebut dengan bermetastasis. 

2. Karsinoma Lobular Invasif. Sel-sel kanker yang menyebar dari lobulus ke jaringan payudara yang dekat. Sama halnya dengan karsinoma duktal invasif, sel kanker ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.


Pencegahan Dari Gejala Kanker Payudara

Dari kasus kanker sekitar 4 sampai 10 kasus, kanker dapat dicegah  melalui pola hidup yang sehat. Data tersebut dari kasus kanker yang ada di kanada. Pencegahan bisa di lakukan dengan melakukan skrining mamografi, x-ray dosis rendah. Mamografi adalah metode yang paling dapat diandalkan untuk menemukan apakah Anda terinfeksi penyakit kanker payudara atau tidak.

Anda juga harus peka untuk mengetahui apakah ada perubahan yang terjadi pada area payudara. Konsultasikan segera kepada dokter apabila menemukan gejala seperti diatas. Atau Anda bisa melakukan konsultasi dengan menghubungi nomor 081350262002 atau bisa melalui chat online dengan klik dibawah ini.

Ditinjau oleh: Dr. Antonius Johanes

Referensi

cdc.gov/what-is-breast-cancer

cancer.ca/sign-and-s gejala