Bagaimana Menguasi Pemeriksaan Payudara Sendiri ?

SADARI dianjurkan bagi wanita di atas usia 35 tahun, terutama wanita yang mempunyai risiko kanker tinggi, disarankan melakukan SADARI satu kali setiap bulannya, pada wanita yang sedang menstruasi sebaiknya melakukan SADARI 2-3 hari setelah selesai menstruasi.




Cara melakukan SADARI

1. Lepas pakaian Anda dalam posisi berdiri atau duduk, hadap ke cermin, lihat kedua sisi payudara, turunkan kedua tangan secara alami, hadap cermin, perhatikan kedua payudara dengan saksama, apakah terdapat kondisi yang tidak normal, seperti letak puting susu, bentuk ukuran, apakah kedua puting susu berada di posisi yang sama rata, apakah puting susu terdapat cairan, menyusut, masuk ke dalam, bengkak, terdapat nodul dan sebagainya.

2. Ketika bercermin, angkat kedua tangan ke belakang kepala, tekan bagian kepala, setelah itu letakkan kedua tangan dengan penuh tenaga di pinggang, kemudian majukan bagian bahu dan siku, sedikit membungkuk, tegakkan payudara, perhatikan posisi payudara, pada kondisi normal, jika kedua tangan dalam posisi diturunkan, menopang ke pinggang, diangkat, kedua payudara seharunya dalam posisi yang sama.

3. Angkat lengan kiri, letakkan 3 atau 4 jari tangna kanan pada payudara kiri, gunakan jari untuk meraba dengan pelan dan arah melingkar. Setelah meraba pelan dan menemukan adanya kelainan, raba lebih dalam lagi. Pastikan saat meraba tidak ada bagian yang terlewatkan, umumnya harus melakukan sesuai dengan urutan berikut : pertama sentuh bagian dalam terlebih dahulu, setelah itu sentuh bagian luar. Saat meraba bagian dalam, harus dimulai dari area puting susu, batasnya sampai lipatan bawah payudara. Saat meraba bagian luar, dimulai dari garis luar puting susu sampai ke payudara bagian luar, dilakukan dari dalam ke luar. Setelah langkah ini selesai, tekan pelan bagian areola, perhatikan apakah puting susu keluar cairan atau tidak, jangan lupa untuk memperhatikan bagian bawah ketiak dan bagian ketiak dan payudara. Pada saat memeriksa, Anda harus meraba payudara dan bukan mengangkat. Terakhir, dengan cara yang sama, gunakan tangan kiri untuk periksa payudara kanan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mencari apakah terdapat benjolan, nodul, cairan atau tidak.

Karena 80-90% kanker payudara dapat didiagnosa dari SADARI, dengan demikian jika ditemukan kelainan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter, untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan dini.